Tanaman Untuk Menurunkan Hipertensi

Tanaman Untuk Menurunkan Hipertensi Seperti yang kita ketahui Penyakit tekanan darah tinggi, tentu erat kaitannya dengan masalah kesehatan pembuluh darah, karena penyakit hipertensi disebabkan oleh adanya masalah-masalah dalam sistem pembuluh darah seperti : adanya pengerasan dan penyumbatan arteri yang akan mengakibatkan penyempitan pembuluh darah, hal ini akan berdampak pada jantung yang harus bekerja ekstra keras agar darah yang dipompakan sampai dipembuluh darah.

Tanaman Untuk Menurunkan Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi kronis di mana tekanan darah pada dinding arteri (pembuluh darah bersih) meningkat. Penilaian apakah seseorang mengalami hipertensi atau tidak adalah dengan mengukur tekanan darah, di mana apabila dilakukan beberapa kali pemeriksaan dan didapatkan hasil tekanan darah mencapai 140/90 mmHg atau lebih tinggi, maka orang tersebut dikatakan memiliki hipertensi.

Pengobatan hipertensi sendiri dapat dilakukan dengan merubah gaya hidup terlebih dahulu, apabila dengan perubahan gaya hidup tekanan darah masih tinggi, maka bisa diberikan obat untuk menurunkan tekanan darah.

Adapun perubahan gaya hidup yang baiknya dilakukan adalah:

  • mengkonsumsi makanan sehat, rendah lemak, dan seimbang, misalnya, nasi merah, buah, serta sayur
  • mengurangi konsumsi garam hingga kurang dari satu sendok teh per hari
  • lakukan olahraga secara aktif
  • menurunkan berat badan
  • tidak merokok, karena merokok akan meningkatkan peluang Anda menderita penyakit jantung dan paru-paru secara drastis
  • menghindari atau mengurangi konsumsi minuman keras
  • mengurangi konsumsi minuman kaya kafein, seperti kopi, teh, atau cola.
  • melakukan terapi relaksasi, misalnya yoga atau meditasi untuk mengendalikan stres

7 Tanaman Untuk Menurunkan Hipertensi

1. Bawang Putih

Tahukah anda jika bumbu dapur yang berbau tajam ini ternyata memiliki manfaat lain lebih dari sekedar penyedap makanan, ya bawang putih memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi karena dapat melebarkan pembuluh darah dan membuat aliran darah lebih lancar.

Anda dapat mencampurkan beberapa siung bawah mentah kedalam makanan sebagai tambahan. Namun jika anda tidak kuat dengan rasanya yang terlalu menyengat, anda bisa memanggangnya terlebih dahulu, yang penting jangan dimasak atau digoreng saja (kalo ini namanya mau buat masakan). Namun jika anda masih tidak kuat lagi untuk memakannya langsung, maka anda bisa membuatnya menjadi semacam bentuk suplemen (pil).

2. Lavender

Dengan memijat tubuh menggunakan minyak lavender, terutama pada bagian leher hingga punggung, secara dramatis anda dapat mengurangi tekanan darah tinggi sebesar 50%. Lavender bekerja sebagai vasodilator dengan merilekskan dan memperluas pembuluh darah. Dengan demikian tekanan darah akan semakin berkurang dan lancar.

3. Kemangi

Kemangi sering digunakan sebagai tanaman herbal keluarga dan campuran maupun penyedap rasa berbagai makanan misalnya pecel lele, tempe penyet, dan lain – lain. Selain itu ternyata kemangi juga menyimpan khasiat lain bagi kesehatan, yaitu untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Ekstrak kemangi telah terbukti mampu menurunkan tekanan darah tinggi, meskipun efeknya hanya sebentar. Dengan menambahkan kemangi yang masih segar dalam menu diet sehari – hari tentu akan lebih baik untuk menurunkan dan menjaga tekanan darah agar tetap normal.

4. Oregano

Oregano mengandung carvacrol alami yang sangat efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi dan juga mengurangi irama denyut jantung yang terlalu cepat. Hal ini berati juga akan mengurangi tekanan pada arteri dan diastole serta sistolik. Oregano juga bisa digunakan sebagai garam alternatif dalam makanan kita sehari – hari, karena kandungan sodium dalam garam adalah salah satu penyebab tekanan darah tinggi.

Mengkonsumsi sodium dalam dosis yang tinggi tentu akan menyebabkan naiknya tekanan darah lebih cepat, sedangkan dalam setiap satu sendok teh garam mengandung 2.300 mg sodium. Bagi seseorang yang memiliki penyakit tekanan darah tinggi, dosis mengonsumsi sodium dibatasi hanya 1.500 mg per hari dan tidak boleh lebih.

5. Valerian

Valerian mengandung obat penenang alamiah karena dapat melemaskan otot – otot dan menurunkan tekanan darah. Mengonsumsi valerian setiap hari akan membantu proses relaksasi secara keseluruhan dan menghilangkan stress. Proses ini, pada gilirannya, akan menurunkan tekanan darah seseorang yang mengalami hipertensi.

6. Blewah

Khasiat: Sama dengan ketimun yang kaya akan kandungan potassium, baik untuk mengurangi tekanan darah tinggi dan juga baik untuk masalah ginjal/kandung kemih
Beberapa buah/tumbuhan yang mempunya kandungan sama dengan ketimun/blewah: peach atau persik, strawberi, raspberi, daun turnip dan wheat grass.

7. Rumput Laut (Laminaria japonica)

Khasiat : menormalkan tekanan darah, menurunkan kolesterol tinggi, mencegah aterosklerosis.

Rumput laut yang paling populer adalah wakame, yang sering digunakan dalam sup miso. Ada juga kombu dan nori, yang mudah ditemukan di supermarket. Anda dapat mengolahnya menjadi makanan lezat dalam menu harian untuk menjaga jantung tetap sehat dan menurunkan serta menormalkan tekanan darah.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait tanaman untuk menurunkan hipertensi.Semoga bermanfaat. Baca Juga : Manfaat Jelly Gamat QnC Untuk Kesehatan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*