Pengertian Jerawat Menurut Para Ahli

Pengertian Jerawat Menurut Para Ahli Jerawat adalah kondisi kulit yang terjadi ketika folikel rambut Anda tersumbat oleh sel minyak dan kulit mati. Jerawat biasanya muncul di wajah, leher, dada, punggung dan bahu. Bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada. Bintik-bintik tersebut dapat berkisar mulai dari yang ringan, seperti komedo hitam dan komedo putih, hingga bintik-bintik parah yang berisi nanah dan kista. Biasanya bintik-bintik yang tergolong parah tersebut akan meninggalkan bekas luka.

Selain ditandai dengan gejala-gejala seperti kulit berminyak dan munculnya bintik-bintik, kadang-kadang jerawat juga menyebabkan kulit terasa panas dan sakit saat disentuh. Ada beberapa bagian pada tubuh yang biasa ditumbuhi jerawat dan yang paling umum adalah wajah. Jerawat merupakan kondisi yang umum, artinya sebagian besar orang pernah mengalaminya.

Pengertian Jerawat Menurut Para Ahli

Gejala Jerawat

Tanda-tanda dan gejala jerawat bervariasi tergantung pada keparahan kondisi Anda:

  • Whiteheads (Pori-pori tersumbat yang tertutup)
  • Komedo (Pori-pori tersumbat yang terbuka – minyak berubah warna menjadi coklat bila terkena udara)
  • Benjolan kecil merah, nyeri (papula)
  • Jerawat (pustula), yaitu papula dengan nanah di ujungnya
  • Benjolan padat besar menyakitkan di bawah permukaan kulit (nodul)
  • Benjolan menyakitkan berisi nanah di bawah permukaan kulit (lesi kistik)

Faktor Penyebab Jerawat

Empat faktor utama penyebab jerawat:

  1. Produksi minyak
  2. Sel kulit mati
  3. Pori-pori tersumbat
  4. Bakteri

Jerawat biasanya muncul pada wajah, leher, dada, punggung dan bahu. Daerah-daerah kulit tersebut memiliki paling banyak kelenjar minyak (sebaceous). Jerawat terjadi ketika folikel rambut menjadi tersumbat dengan sel minyak dan kulit mati.

Folikel rambut terhubung ke kelenjar minyak. Kelenjar ini mengeluarkan zat berminyak (sebum) untuk melumasi rambut dan kulit. Sebum biasanya perjalanan sepanjang poros rambut dan melalui bukaan dari folikel rambut ke permukaan kulit Anda.

Ketika tubuh Anda memproduksi jumlah sebum dan sel kulit mati dengan berlebihan, keduanya dapat menumpuk di folikel rambut. Mereka membentuk sebuah sumbatan lembut, menciptakan sebuah lingkungan di mana bakteri dapat berkembang. Jika pori-pori tersumbat menjadi terinfeksi dengan bakteri, hasilnya adalah peradangan.

Pori-pori tersumbat dapat menyebabkan dinding folikel membengkak dan menghasilkan whitehead. Atau sumbatan mungkin terbuka ke permukaan dan dapat berubah gelap, menyebabkan komedo. Sebuah komedo mungkin terlihat seperti kotoran terjebak di pori-pori. Tapi sebenarnya pori-pori sesak dengan bakteri dan minyak, yang berubah warna menjadi coklat ketika terkena udara. (Baca Juga : Testimoni QnC Jelly Gamat Untuk Jerawat dan Bopeng)

Jerawat adalah bintik merah menonjol dengan pusat berwarna putih yang berkembang ketika folikel rambut yang tersumbat menjadi meradang atau terinfeksi. Penyumbatan dan peradangan yang berkembang dalam folikel rambut dalam menghasilkan benjolan seperti kista di bawah permukaan kulit Anda. Pori-pori lain di kulit Anda, yang merupakan bukaan dari kelenjar keringat, biasanya tidak terlibat dalam jerawat.

Post By : Pengertian Jerawat Menurut Para Ahli

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*