Apakah Fatty Liver Bisa Sembuh Total

Apakah Fatty Liver Bisa Sembuh Total Penyakit fatty liver adalah salah satu penyakit yang mematikan. Penyakit fatty liver menyerang organ tubuh yang paling penting yaitu liver atau hati. Penyakit fatty liver atau yang lebih dikenal dengan nama pembengkakan hati ini jika tidak segera tertangani bisa membahayakan nyawa pengidapnya.

Apakah Fatty Liver Bisa Sembuh Total

Fatty liver atau steatosis adalah kondisi dimana terjadi perlemakan pada hati. Diagnosis fatty liver ini baru ditegakkan apabila lemak sudah menutupi minimal 5% dari keseluruhan luas jaringan hati. Pada dasarnya fatty liver diklasifisikan menjadi 2 tipe, yakni fatty liver alkoholik (AFL) dan non alkoholik (NAFL). Tentu saja dari namanya kita sudah bisa tau bahwa NAFL sangat terkait dengan konsumsi minum-minuman beralkohol dan AFL terkait konsumsi makanan tinggi lemak yang berlebihan. Karena pada dasarnya fatty liver ini mengakibatkan gangguan fungsi hati maka nantinya akan terjadi peningkatan enzim penanda kerusakan hati, maka wajar saat awal nilai SGOT dan SGPT anda cukup tinggi.

Memang mengingat letak hati yang berada di organ abdomen (rongga perut), maka sering gejala klinis fatty liver ini kabur dengan gejala penyakit maag atau asam lambung. Fatty liver dapat menimbulkan gejala nyeri perut, mual, perut terasa begah, dsb, yang memang mirip dengan penyakit maag. Meski demikian, juga mungkin saja gejala tsb berdiri sendiri, artinya bisa saja anda memiliki fatty liver dan penyakit maag. Beberapa penyebab rasa tidak enak pada perut (nyeri perut, perut terasa terbakar, mual, begah) antara lain:

  1. Gastro Esofageal Reflux Disease (GERD). Merupakan penyakit asam lambung yang naik ke atas hingga ke kerongkongan (esofagus). Asam lambung normalnya hanya berada di lambung, jadi tidak seharusnya asam lambung berada di lokasi lain. Asam lambung yang naik tsb dapat mengiritasi esofagus (kerongkongan) yang mengakibatkan rasa panas atau nyeri dada dan rasa penuh atau begah. Penderita juga biasanya mengeluh sering sendawa.
  2. Gastritis. Ini merupakan penyakit radang lambung, masyarakat biasa mengenalnya sebagai penyakit maag. Penyakit ini sendiri merupakan peradangan lapisan lambung yang terjadi akibat pengikisan lapisan lambung karena iritasi kronik zat asam yang berlebihan. Gejalanya lebih ke arah nyeri perut di sekitar ulu hati, perih, mual, hingga muntah.
  3. Ulkus Peptikum. Ini merupakan kelanjutan dan gastritis atau GERD. Paparan asam yang terus menerus selain mengakibatkan peradangan atau iritasi juga bisa menimbulkan luka pada lambung. Apabila luka tsb terjadi pada lambung (ulkus gaster), maka biasanya nyeri perutnya akan dicetuskan oleh makanan. Namun jika lukanya terdapat di usus 12 jari atau duodenum (ulkus duodenum), organ yang berada persis dibawah lambung, maka nyerinya akan menghilang dengan makan dan diperparah saat perut kosong.

Apakah Fatty Liver Bisa Sembuh Total

Apakah fatty liver dapat sembuh? Sebenarnya fatty liver tidak dapat disembuhkan total, namun dengan pengobatan kita dapat mengontrol gejalanya dan mengendalikan perburukan jaringan hatinya. Ini penting, mengingat organ hati yang dimiliki oleh manusia hanya satu dan fungsi hati itu banyak sekali.

Karena kemampuan hati semakin berkurang akibat penyakit fatty liver ini, maka sebaiknya sjaringan hati yang masih sehat dipertahankan dan dipergunakan sebaik mungkin. Intinya jangan menambah berat kerja organ hati, dengan salah satunya menjaga pola makan. Adapun pola makan yang saya sarankan antara lain:

  • Mengurangi konsumsi makanan berlemak dan membatasi asupan garam serta menghentikan kosnumsi zat kafein, rokok, serta alkohol
  • Konsumsi protein secukupnya, tidak boleh berlebihan. Protein yang dianjurkan ialah protein yang berasal dari dairy food, misal dari susu, yoghurt atau telur
  • Konsumsi sayuran yang kaya antioksidan seperti buncis, brokoli, mentimun, kol. Sementara untuk jenis buah-buahan yang dianjurkan ialah yang kaya vitamin C seperti jambu biji, apel, delima, dsb.
  • Menghindari makanan-makanan yang bisa memicu sakit maag atau membagi porsi makan ke dalam jadwal makan yang baru (misalnya sebelumnya Anda makan tiga kali sehari, namun masing-masing dalam porsi besar, Anda bisa mengubahnya menjadi empat atau lima kali sehari dengan porsi masing-masing yang lebih sedikit). Adapun makanan yang dihindari ialah yang bersifat pedas, kecut, santan, terlalu berminyak, asam, terlalu berlemak.
  • Menghindari baju ketat yang dapat menekan rongga perut
  • Duduk dalam posisi tegak minimal selama setengah jam setelah makan
  • Lakukan makan malam minimal 2 jam sebelum anda tidur
  • Kendalikan rasa cemas dan stres dengan baik
  • Olahraga yang teratur
  • Istirahat yang cukup

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar Apakah Fatty Liver Bisa Sembuh Total, semoga bermanfaat. Baca Juga : Obat Fatty Liver Herbal

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*